Minggu, 12 Oktober 2014

Hubungan ESQ dengan masa depan Kecerdasan Emosi (EQ)

  1. Kemampuan lebih yang dimiliki seseorang dalam memotivasi diri, ketahanan dalam menghadapi kegagalan, mengendalikan emosi dan menunda kepuasan, serta mengatur keadaan jiwa.
  2. EQ perlu dipahami secara memadai agar seseorang semakin mengenal keberadaan dirinya yang terdalam sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, sebagai makhluk sosial, dan menjadi bagian dari masyarakat lingkungannya   (Daniel Goleman).

Akal sehat
Sejumlah logika dan nurani yang disusun secara “sistimatis”, seimbang dan harmonis. Logika yang tidak didasari  oleh nurani yang benar tidak akan menghasilkan sesuatu yang diharapkan, sebaliknya nurani yang benar  tanpa logika juga tidak akan menghasilkan apapun.

SIKAP DASAR MENUJU MASA DEPAN
Tentukan Cita citamu Sesuai Dengan Sikap Dasar Untuk Mencapai Masa Depan
1.    KREATIF
·         Sesuaikan dengan warna diri (keunikan pribadi), carilah sendiri, dan jangan berprinsip ikut-ikutan
·         Menjadi orang yang memiliki profesi  seperti warna dirinya sehingga bukan menjadi duplikat atau foto kopi orang lain.
2.    BERANI
·         Memiliki keyakinan menatap masa depan
·         Melangkah menuju masa depan dengan langkah pasti
·         Tidak ragu-ragu atau takut menghadapi masa depan
3.    BERBELAS KASIH
·         Memiliki rasa sayang pada diri sendiri dan orang lain
·         Tidak berbuat yang gegabah, konyol, dan merugikan (baik diri sendiri dan orang lain)
4.    SETIA DENGAN PILIHAN
·         Mantap dan yakin dengan apa yang dipilih (tidak mudah berganti haluan)
·         Pilihannya selalu dihidupkan, dikembangkan, dan dimantapkan
5.    BISA MENGATUR KESERASIAN DAN KESEIMBANGAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
a.       Take time to think; mengambil waktu untuk berfikir dan menggunakan otak, sebab itu sumber kekuatan, sebelum bertindak harus dipikirkan dulu dan tidak asal-asalan atau ikut-ikutan.
b.      Take time to play; mengambil waktu untuk bermain, sebab itu adalah rahasia kemudahan yang abadi, bukan berarti bermain-main melulu, sediakan waktu bersama teman/ keluarga.
c.       Teke time to read;  Ambillah waktu untuk membaca, sebab bacaan adalah sumber kebijaksanaan, tentu saja bacaan yang berbobot dan bermutu.
d.      Take time to pray; ambilah waktu untuk bedoa, sebab dao adalah kekuatan terbesar diatas muka bumi, siapa yang dekat dengan Tuhan dan gemar berdoa akan menjalani hidup dengan penuh ketenangan dan keyakinan. Karena dia tahu tuhan akan membimbingnya.
e.      Take time to love and be love; ambilah waktu untuk mencintai dan dicintai, sebab itu adalah suatu keistimewaan dari tuhan untuk saling memperhatikan.
f.        Take time to laugh; ambilah waktu untuk tertawa dan ceria, sebab itu adalah irama atau musik jiwa. Tertawa yang tidak berlebihan dapat menyegarkan pikiran.
g.       Take time to giver; ambilah waktu untuk memberi dan memperhatikan orang lain  dengan sikap yang baik, dengan memberi kita menjdi orang yang berarti.
h.      Take time to work; ambillah waktu untuk bekerja/melakukan tugas utama, sebab itu adalah untuk kesuksesan dan keberhasilan,
“ Siapa tidak bekerja hendaknya jangan makan”

i.         Take time to do charity; ambillah waktu untuk melakukan karya amal, sebab itu adalah kunci ke surga, orang yang paling baik adalah yang paling banyak amalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar